السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

text berjalan

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Menu

Senin, April 01, 2013

Bundesbank Pasok Uang Kertas Ke Cyprus

Bundesbank yang merupakan perbankan nasional Jerman menyatakan telah memasok  uang kertas (banknote) ke  Cyprus ketika perbankan di  pulau itu dibuka kembali pada Kamis lalu  setelah penutupan selama 12-hari.


Uang kertas berasal dari cadangan logistik dari Bank Sentral Eropa, yang disimpan oleh Bundesban ,'demikian uangkap seorang juru bicara bank sentral Jerman.


Menurut harian bisnis Handelsblatt, uang kertas senilai lima miliar euro (6,4 miliar dolar AS) diterbangkan ke Cyprus dalam sebuah pesawat jet Lufthansa. Sementara Laporan media lain menempatkan jumlah antara 1,5-5,0 miliar euro.


Baik Bundesbank maupun ECB bersedia mengkonfirmasi angka tersebut, namun tidak menyangkal salah satu dari kedua angka tersebut. Sementara sumber-sumber keuangan lainnya mengatakan kepada AFP bahwa jumlah itu kurang dari 5,0 miliar euro.


Uang kertas euro tidak dicetak dan disediakan oleh ECB di Frankfurt, tetapi oleh bank-bank sentral nasional berbeda yang membentuk sistem euro tersebut. Tetapi sejumlah bank sentral dipasok oleh bank sentral lainnya, seperti halnya untuk Cyprus.


Sementara dari Italia dilapoerkan, Italia tampaknya ditengah ancaman resesi yang tak berujung. Laju GDP anjlok di Q4 untuk 6 kali berturut-turut, sehingga level produksi Italia jauh dibawah level pra-krisis.


Pada sektor produksi industri khususnya, masih lebih rendah secara signifikan dibanding tahun 2007, mencerminkan penutupan berbagai pabrik setiap bulannya sehingga memicu tingkat pengangguran dan kredit macet.


Permintaan domestik masih menjadi hambatan utama pada aktivitas ekonomi, karena kontribusi positif dari neraca perdagangan gagal mengimbangi kejatuhan laju konsumsi rumah tangga dan aktivitas investasi menuju Italia disebabkan oleh ketidakpastian pemilu di Italia yang makin memburuk.


Sebelum pemilu, petinggi zona Euro memprediksi bahwa Italia masih mampu menjaga perjanjian antara partnet Eropa untuk meraih struktur anggaran yang imbang ditunjang oleh disiplin fiskal yang diterapkan oleh Mario Monti. Namun, sekarang konsolidasi fiskal semakin tidak pasti karena kepastian koalisi Bersani dengan Berlusconi sangat kecil kemungkinan. Demikian laporan lainnya dari kawasan Eropa yang berhasil kami dapat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar